Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Tips Trick dan Cara Optimasi VGA INTEL

Artikel membahas tentang : Cara memaksimalkan VGA Intel, merubah mode Vertex Processing suatu game, memanfaatkan software IDamTool2.0, dow...

Artikel membahas tentang : Cara memaksimalkan VGA Intel, merubah mode Vertex Processing suatu game, memanfaatkan software IDamTool2.0, download IDamTool2.0.

Seperti diketahui bahwa kemampuan VGA Intel (onboard) akan mengalami kesulitan (atau sama sekali tidak bisa) untuk memainkan game yang menuntut fitur Hardware Vertex Processing – fitur ini hanya bisa disediakan oleh kartu-vga. Akibatnya frame-rate (frame-rate = jumlah frame gambar per detik) yang dihasilkan akan sangat rendah (patah-patah) sehingga kurang nyaman untuk main game.

IDAM Tool 2.0
IDAM_Tool 2.0 (Intel Display Adapter Management Tool ) adalah software yang akan membantu user pengguna VGA Intel (onboard), agar bisa meng-optimalkan performa dalam aplikasi grafis / game.
Catatan:
  1. Vertex : adalah titik sudut (geometris) suatu bentuk poligon , atau bentuk polyhedron , yang dibentuk oleh perpotongan garis / bidang sebuah objek. Inilah yang menimbulkan tampilan efek 3D pada grafis / game.
  2. Intel Grafis dengan chipset : Intel_82-865, 855, 852, 845, 815, dan Intel-810 belum support Vertex Processing Software.

IDAM_Tool 2.0 memungkinkan user untuk mengganti fitur Vertex Processing dari mode Hardware menjadi Software Vertex Processing yang bisa dilayani oleh VGA Intel onboard. Hal ini dilakukan (oleh IDAM_Tool 2.0) dengan mengganti setting registry sehingga default nya menjadi Software Vertex Processing. Sehingga game diharapkan bisa dimainkan dengan lebih baik/mulus karena frame rate-nya akan meningkat drastis (tergantung jenis game serta kecepatan RAM dan Processor).
Komputer harus menggunakan Vga Intel, dan sudah ter-instal DotNetFramework 3.5 dan Visual C++2008, gampang diperoleh dari internet.
Download IDAM_Tool 2.0 (zip) - link ada dibawah artikel ini -, lakukan ekstraksi pada file-zip. Selanjutnya klik-ganda file Intel Display Adapter Management Tool.exe, secara otomatis akan mendeteksi Display Adapter (Intel Vga).
Setelah download, lakukan ekstraksi (zip-file). Dan selanjutnya,
  • Jalankan program IDAM_Tool 2.0, tunggu beberapa saat sementara program sedang men-deteksi keberadaan VGA Intel onboard yang ada.
  • Klik tab [Vertex Processing Modes For Specified Executables]
  • Klik tombol [Add Executable], pilih file-executable (*.exe) milik game yang dikehendaki
  • Nama file (game) tsb muncul dalam list.
  • Pilih nama file/game dalam list tsb. lalu klik tombol [Change Vertex Processing Mode]
  • Tunggu sesaat karena registry sedang diset ulang menjadi Software Mode, khusus untuk game tsb.
  • Jika ada beberapa game yang akan diset ke mode Software Vertex Processing, langkah diatas bisa diulangi. Dan akan terlihat daftar game yang registry nya sudah diubah menjadi mode Software Vertex Processing.

Selanjutnya kita bisa mulai memainkan game-game tersebut (diharapkan) dengan tampilan yang lebih baik. Jika ternyata frame-rate tidak bisa berubah/naik, maka klik nama game dalam list, lalu klik tombol [Change Vertex Processing Mode] untuk mengembalikan game tsb ke mode Hardware.

Note :
  • Bagaimanapun, cara terbaik untuk meningkatkan kinerja VGA-Onboard adalah dengan mencari driver terbaru dan menginstalnya. Jadi silahkan update driver vga-onboard Anda.

DownloadIDAM Tool 2.0  (size 182KB in Zip-file)

sumber: kangtokkomputer

Tidak ada komentar