Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Tips, Trick dan Cara Hapus Permanen Windows Defender di Windows 10

  Ada 4 versi Windows 10 yang dapat dipilih jika Anda berniat membeli Windows 10, yaitu Home, Pro, Enterprise dan Education. Sedangka...

https://www.patentlyapple.com/.a/6a0120a5580826970c0240a472350a200d-800wi 
Ada 4 versi Windows 10 yang dapat dipilih jika Anda berniat membeli Windows 10, yaitu Home, Pro, Enterprise dan Education. Sedangkan jika Anda ingin mendownloadnya melalui halaman web Microsoft hanya tersedia 2 versi yaitu Home dan Pro. Keempat edisi Windows tersebut memiliki keterbatasan pada beberapa fitur yang mereka miliki. Windows 10 Home misalnya, memiliki keterbatasan pada fitur Group Policy Editor (gpedit.msc).

Fitur tersebut tidak tersedia pada Windows 10 edisi Home. Padahal boleh dikatakan bahwa gpedit.msc sangat bermanfaat pada saat kita ingin mengubah beberapa pengaturan keamanan Windows. Bahkan untuk mematikan Windows Defender sebenarnya juga lebih mudah jika dilakukan melalui gpedit.msc. Namun bagi Anda pengguna Windows 10 Home tidak perlu berkecil hati, meskipun Windows Anda tidak memiliki gpedit.msc kita masih dapat menghapus Windows Defender melalui fitur Registry Editor (regedit). 

Sebelumnya perlu Admin perjelas sedikit, pada dasarnya kita tidak bisa menghapus atau menguninstall Windows Defender. Boleh dikatakan bahwa Windows Defender ini telah ditanamkan secara permanen melekat  pada Windows 10 oleh Microsoft. Hanya saja kita bisa menonaktifkannya dengan beberapa trik yang tentunya legal dan aman bagi Windows Anda.

Sebelum menonaktifkannya kita perlu mematikan Windows Defender melalui menu Pengaturan. Caranya buka menu Settings, klik Update & Security, klik Windows Defender. Matikan semua fitur Defender, termasuk didalamnya Limited Periodic Scanning, Real Time Protection, Cloud-base Protection, Automatic sample submission dan Enhance notifications.

Menonaktifkan Windows Defender Pada Windows 10 Pro
Pada Windows 10 Pro kita bisa memanfaatkan fitur Group Policy Editor (gpedit.msc) untuk menonaktifkan Windows Defender.

1. Buka gpedit.msc dengan menekan kombinasi tombol Windows + R, kemudian ketik gpedit.msc lalu tekan OK.
cara-menghapus-windows-defender-pada-windows-10-pro
2. Setelah gpedit.msc terbuka, pada menu navigasi samping kiri buka menu Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender.
cara-menghapus-windows-defender-pada-windows-10-pro
3. Klik pada folder Windows Defender. Anda akan menemukan beberapa pengaturan. Cari menu Turn off Windows Defender.
cara-menghapus-windows-defender-pada-windows-10-pro
4. Kemudian klik 2 kali pada menu Turn off Windows Defender, akan terbuka kotak dialog baru. Pilih Enabled lalu klik Apply.
cara-menghapus-windows-defender-pada-windows-10-pro
Hanya itu saja, sekarang Windows Defender Anda telah dinonaktifkan.
 

Melalui Registry Editor

Untuk cara yang satu ini mungkin agak sedikit sulit. Namun cara ini ampuh untuk mematikan Windows Defender secara permanen.

Simak langkah-langkah berikut:
1. Buka Registry Editor atau regedit. Caranya cukup mudah buka aplikasi Run dengan menekan tombol Ctrl+R secara bersamaan. Setelah itu ketik regedit lalu klik OK atau tekan Enter pada keyboard.

cara mematikan windows defender permanen

2. Setelah aplikasi Registry Editor muncul lalu klik HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > SecurityHealthService.

cara menonaktifkan windows defender windows 10 secara permanen

3. Lalu pada jendela bagian kanan klik 2 kali pada opsi Start. Selanjutnya ganti Value data menjadi 4 dan pastikan opsi base berada pada Hexadecimal. Setelah itu klik OK. Lalu untuk dapat merasakan efek tersebut restart laptop kita. Maka secara otomatis aplikasi Windows Defender akan mati secara permanen.

cara mematikan windows defender win 8.1

FYI: Untuk dapat mengaktifkanya kembali. Buka regedit seperti di atas lalu pada menu Start ubah value data menjadi 2/3. Lalu restart komputer anda.
 
sumber: linteksi&berakal

Tidak ada komentar