• RSS
Latest Post
sabar...

Senin, 24 Maret 2014

Tips, Trick dan Cara Mengatasi Masalah Boros Baterai di iOS 7.1

in Tutorial Apple
Baterai iPhone 

Pembaruan iOS 7.1 menghadirkan beberapa perbaikan namun juga hadir masalah baru. Beberapa pengguna menyampaikan bahwa iOS 7.1 membuat baterai boros pada beberapa jenis perangkat iOS. Kali ini kami akan berbagi tips untuk menyembuhkan masalah tersebut, lihat di bawah ini:

1. Tes Baterai Saat Digunakan

Beberapa pengguna yang baru saja melakukan pembaruan iOS pasti ingin mencoba semua fitur baru yang ada disana. Hal ini terkadang yang membuat baterai boros menjadi rancu karena kamu menggunakan perangkat iOS lebih intens daripada biasanya.

Pada awalnya kamu bisa mencoba semua fitur baru tersebut dengan teliti dan mempelajari hal baru satu-persatu. Setelah kamu merasa cukup, gunakan perangkat iOS seperti biasanya beserta fitur-fitur baru yang memang perlu untuk digunakan. Setelah itu kamu bisa mengukur, apakah perangkat iOS 7.1 kamu menjadi lebih boros dalam artian 2 kali lebih cepat habis baterai atau hanya berkurang sekian menit dari waktu biasanya.

2. Cek Sinyal Seluler

Apakah kamu sering berada di daerah yang sulit dijangkau internet via data seluler? Matikan koneksi data saat berada di daerah yang sulit sinyal. Perangkat pencari sinyal di iPhone atau iPad akan bekerja lebih keras di daerah yang sulit sinyal dan hal ini dapat menguras baterai.
Bila kamu tetap harus terhubung, minimal gunakan jaringan EDGE untuk standby dan nyalakan 3G/LTE saat hanya dibutuhkan. Pengaturan ini dapat kamu lakukan di aplikasi Settings > Cellular.

3. Kurangi Aplikasi yang Berjalan di Belakang Layar

Perangkat iOS memang didesain bisa melakukan multitasking dan menjalankan aplikasi di belakang layar. Namun kamu bisa mematikan aplikasi yang berjalan di belakang layar dengan kebutuhan baterai yang besar untuk lebih hemat. Sebagai contoh aplikasi navigasi, VoIP (skype, viber), music streaming adalah beberapa jenis aplikasi yang cukup menguras baterai. Matikan aplikasi tersebut dengan tekan home button dua kali untuk masuk ke mode multitask lalu swipe ke atas untuk menghapusnya dari belakang layar.

4. Matikan Fitur yang Tidak Perlu

Beberapa fitur ini bisa kamu matikan untuk lebih menghemat baterai. Kamu bisa mematikan fitur yang tidak dperlukan dan jangan membuat perangkat iOS kamu jadi lebih sulit digunakan karena kamu mematikan fitur yang sering diakses.
  • Background App Refresh : Matikan fitur ini untuk beberapa aplikasi yang tidak perlu mendapatkan update notifikasi secara lebih cepat. Cara untuk mengubah pengaturan ini ada di aplikasi Settings > General > Background App Refresh.
  • Auto Download App Store : Matikan fitur ini jika kamu ingin melakukan pembaruan setiap aplikasi secara manual. Lakukan pengaturan ini di aplikasi Settings > iTunes & App Store
  • Fitur Siri Raise to Speak : Siri bisa ‘dipanggil’ dengan cara menempelkan perangkat iPhone ke telinga. Namun fitur ini juga membuat baterai lebih boros karena memerlukan sensor proximitry. Matikan pengaturan ini dari aplikasi Settings > Siri.
  • Location Services : Matikan fitur pendeteksi lokasi pada aplikasi yang menurutmu tidak perlu menggunakan fitur ini. Sebagai contoh Twitter, kamu tidak setiap saat perlu ngetweet dengan melampirkan posisi kamu kan? Lakukan pengaturan ini di aplikasi Settings > Privacy > Location Services.
  • Notification Center : Beberapa pengaturan yang bisa kamu matikan disini adalah menampilkan Stocks atau Tomorrow Summary. Lakukan pengaturan terhadap Notification Center di aplikasi Settings > Notification Center.
  • Matikan Bluetooth, Wi-Fi bila tidak digunakan : Kamu pasti tidak menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi terus-menerus. Matikan pengaturan tersebut dari Control Center dengan cara swipe dari bawah ke atas dan tekan icon Bluetooth atau Wi-Fi untuk mematikan perangkat tersebut saat tidak digunakan.

5. Reset Perangkat iOS

Terkadang perangkat iOS membutuhkan Reset untuk menghilangkan beberapa cache yang masih tertinggal. Lakukan Reset dengan cara tekan dan tahan tombol home button + power button hingga muncul logo Apple di layar. Setelah itu lepaskan dan tunggu beberapa saat hingga perangkat iOS siap digunakan.

6. Lakukan Clean Restore

Beberapa masalah biasanya terjadi saat kamu melakukan pembaruan iOS dengan cara OTA. Bila kamu punya waktu luang dan koneksi internet yang kencang, lakukan pembaruan dengan cara Clean Restore yaitu restore via iTunes di komputer atau mengunduh file .ipsw secara terpisah dan melakukan manual restore.

sumber: makemac