Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Tips, Trick dan Cara Merapikan Desktop Komputer

Desktop komputer kamu berantakan? Tentunya kebanyakan dari kamu memiliki desktop dengan berbagai icon yang ada di sana sini, entah ma...

Desktop komputer kamu berantakan? Tentunya kebanyakan dari kamu memiliki desktop dengan berbagai icon yang ada di sana sini, entah masih terpakai atau tidak, terkadang hingga sulit menemukan icon atau file yang dicari. Saatnya untuk merapikan desktop komputer kamu. Bukan hanya memindahkan icon pada desktop, loh.. kamu bisa mulai memilih mana yang dibutuhkan dan membuang yang tidak lagi diperlukan. Tentunya tampilan desktop yang tertata akan memudahkan pekerjaan kamu, bukan?


Tidak mau mendownload atau menggunakan software untuk merapikan desktop kamu? Tidak masalah, karena kamu bisa merapikan desktop tanpa harus menggunakan software apapun. Beberapa software yang tersedia memang akan membantu kamu di kemudian hari, namun software tersebut tidak wajib kamu miliki.

Rapikan Icon pada Desktop


Desktop Berantakan
Banyak dari kamu, pengguna PC atau laptop memiliki berbagai macam icon di desktop. Tujuan untuk meletakkan shortcut pada desktop adalah agar kamu dapat dengan mudah mengakses program atau file yang dibutuhkan tanpa harus membuka menu start, atau membuka drive dan folder melalui My Computer terlebih dahulu. Seiring penggunaan, semakin banyak shortcut yang diletakkan di desktop sehingga hal ini tidak lagi menjadi seefektif yang diharapkan, dimana terkadang kamu perlu mencari – cari letak icon yang dibutuhkan.
Selain meletakkan shortcut, kamu mungkin juga menggunakan desktop untuk menyimpan berbagai dokumen secara cepat. Mungkin kamu berencana untuk menyimpan file ini di tempat lain, namun belum sempat atau memang benar – benar lupa untuk melakukannya.
Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk merapikan desktop adalah untuk memilih mana yang diperlukan dan mana yang tidak diperlukan pada desktop. Hal ini mungkin bagian yang paling berat untuk dilakukan, karena kamu harus memilah satu persatu, menentukan mana yang diperlukan, dimana file tersebut akan disimpan dan sebagainya.

Berikut contoh desktop yang tertata rapi :
Desktop Rapi

Mulai dari Start Menu

Sekarang, kamu bisa mulai dengan membersihkan Start Menu hanya dengan beberapa langkah mudah. Klik kanan pada taskbar dan pilih ‘Properties’.
Properties Taskbar

Klik pada bagian tengah tab, ‘Start Menu’. Hilangkan tanda centang yang ada disini. Kamu tidak membutuhkan hal ini, karena program yang sering kamu gunakan sudah di-pinned pada Start Menu.
Properties Taskbar

Untuk mem-pinned sebuah program, klik Start -> All Programs atau kamu bisa cari di kotak search yang tersedia. Setelah program yang kamu inginkan ditemukan, klik kanan dan pilih ‘Pin to Start Menu’. Lakukan hal ini untuk program lain yang kamu butuhkan.
Pin Start Menu

Terdapat banyak kostumisasi yang bisa kamu lakukan pada Start Menu yang memungkinkan kamu untuk menambah dan menghapus folder, pengaturan tampilan sebagai link atau menu, bahkan ukuran icon yang kamu inginkan. Kamu bisa melakukan pengaturan dengan meng-klik ‘Customize’ di bawah Start Menu pada tab Properties.
Bagaimana hal ini membantu? Misalnya jika kamu ingin mengakses folder Downloads yang ada di desktop. Kamu bisa memilih pengaturan apakah icon tersebut akan diakses sebagai link atau sebagai menu, kemudian menghilangkan icon tersebut dari desktop. Hal ini berguna untuk folder yang jarang kamu buka, namun kamu tetap ingin memiliki akses cepat untuk membukanya saat dibutuhkan.
Properties Start Menu

Setelah kamu melakukan berbagai pengaturan pada Start Menu, tampilan akan lebih rapi dan tertata :
Start Menu


Mengatur Taskbar

Pada versi Windows sebelumnya, terdapat sebuah area bernama Quick Launch untuk menempatkan program yang sering kamu gunakan. Sekarang, hanya terdapat area yang disebut ‘taskbar’. Hal yang menarik pada sistem Windows 7 adalah kamu bisa dengan mudah menambah fungsi pada program yang di-pinned tersebut, bukan hanya sebagai akses cepat untuk program tersebut.
Notification Tray

Tentunya kamu perlu meminimalisir program yang terdapat pada taskbar agar lebih diakses. Kamu bisa melakukan beberapa hal untuk merapikan tampilan taskbar pada Windows. Klik kanan pada taskbar, pilih Properties. Pastikan pilihan Taskbar is locked dicentang, hal ini akan sangat memudahkan kamu. Pengaturan lain yang bisa kamu pilih adalah Auto Hide Taskbar. Kamu bisa memilih mengaktifkan fitur ini untuk member tampilan full-screen yang lebih bersih, terutama bagi kamu pengguna laptop atau netbook dengan layar yang kecil. Selain itu, kamu juga bisa memilih pengaturan ukuran icon. Ukuran icon kecil akan membuat tampilan lebih rapi.
Icon Besar

Berikut tampilan icon dengan ukuran kecil. Silakan coba ukuran kecil ini pada komputer kamu. Apakah kamu ingin menggunakan icon besar atau kecil, itu pilihan kamu.
Icon Kecil

Manfaatkan Windows Explorer Pop-up Menu

Pop-up Menu disini bukan tampilan yang muncul ketika kamu mengarahkan mouse di taskbar. Klik kanan pada icon Windows Explorer di taskbar, maka sebuah menu pop-up akan muncul. Disini kamu bisa mengakses berbagai folder yang sudah kamu Pin di Start Menu. Kamu juga bisa mengatur letaknya hanya dengan men-dragnya langsung ke posisi yang kamu inginkan.
Pop-Up menu

Notification Tray

Pada versi Windows sebelumnya, Notification Tray tidak tertata dengan baik, sehingga tidak dapat digunakan secara maksimal seperti pada Windows 7. Disini kamu bisa melakukan pengaturan sehingga Notification Tray dapat digunakan sesuai kebutuhan dan keinginan kamu. Dengan melakukan pengaturan Notification Tray, kamu bisa memiliki desktop sesuai keinginan kamu.
Notification Tray

Software Pengaturan Desktop

Pada awal artikel ini, disampaikan bahwa kamu bisa menggunakan software tambahan untuk membuat desktop kamu lebih tertata. Silakan gunakan salah satu software desktop di bawah yang sesuai dengan preferensi kamu untuk mendapatkan tampilan desktop yang lebih rapi.

RocketDock

RocketDock
Software RocketDock merupakan salah satu favorit dalam pengaturan desktop. Dengan menggunakan RocketDock, kamu bisa merapikan icon pada desktop berdasarkan kategori yang kamu tentukan sendiri. Hal ini tentu sangat membantu ketika kamu membutuhkan suatu program atau file yang terdapat di desktop.
Download RocketDock disini.

Fences

Fences
Fences adalah software yang memungkinkan kamu untuk memilah dan menentukan letak icon berdasarkan type. Kamu akan diberikan pilihan untuk dapat membuat Fences sendiri, atau langsung mengatur tipe kategori secara otomatis, hampir sama seperti RocketDock.
Dengan menggunakan fences, kamu bisa ‘memagari’ icon pada desktop berdasarkan kategori, sehingga akan sangat memudahkan kamu untuk mencari suatu program atau file yang dibutuhkan.
Fences

Fitur lain yang ditawarkan Fences, yaitu kamu bisa menyembunyikan semua icon yang ada di desktop hanya dengan double klik pada desktop, kemudian memunculkannya kembali dengan cara yang sama.
Download Fences disini.
Nah, sekarang kamu bisa mengatur dan merapikan tampilan desktop kamu sehingga lebih mudah diakses.
Apakah kamu punya tips lain untuk merapikan desktop yang berantakan? Silakan share disini.
   
Sumber : jalantkus

Tidak ada komentar