Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Tips, Trick dan Cara Menghemat Pemakaian Paket Data Internet iPhone

Apa artinya sebuah perangkat iOS tanpa koneksi internet, pasti akan terasa hambar, benar? Ya, para pengguna iPhone pasti memilih untuk ...

Tips Menghemat Kuota Internet iPhone dan iPad
Apa artinya sebuah perangkat iOS tanpa koneksi internet, pasti akan terasa hambar, benar? Ya, para pengguna iPhone pasti memilih untuk berlanganan paket data, jika mereka menggunakan perangkat yang memang mendukung koneksi selular. Contohnya iPhone.
Tapi terkadang, saking asiknya kita menggunakan koneksi tersebut, tanpa sadar, kita sudah menghabiskan separuh dari kuota yang kita beli. Jika sudah begini, tentu saja mengesalkan. Tips kali ini akan membahas bagaimana caranya menghemat kuota internet kamu supaya kantong tidak jebol terus di akhir bulan.

1. Cara Mudah, Gunakan Saja Wi-Fi

Cellular Data 1
Gunakan Wi-Fi ketika kamu berada di tempat manapun di dunia ini yang memiliki jaringan tersebut. Matikan jaringan paket data dari aplikasi Settings > Cellular (jika diperlukan) dan sesegera mungkin sambungkan perangkatmu dengan Wi-Fi lokal di situ.
Bila sedang tidak ada Wi-Fi, gunakan paket data untuk mode standby dengan hanya menyalakan jaringan EDGE (2G). Hal ini membuat penggunaan paket data lebih hemat dan kamu cukup menyalakan 3G atau LTE saat diperlukan saja. Maaf, saya bilang LTE? LTE belum ada di Indonesia.

2. Matikan Akses Seluler Buat Aplikasi Yang Kurang Penting

Cellular Data 2
Kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang tidak bisa terkoneksi ke internet bila sedang menggunakan paket data internet. Hal ini dapat kamu terapkan untuk aplikasi yang membutuhkan banyak bandwidth seperti YouTube atau aplikasi streaming service lainnya. Lakukan pengaturan ini di aplikasi Settings > Cellular. Aktifkan Cellular Data lalu scroll ke bawah untuk mematikan tombol di samping nama aplikasi yang ingin kamu ubah.

3. Tidak Perlu Menggunakan ‘Background App Refresh’

Cellular Data 3
Backgorund App Refresh memang membuat kamu memperoleh pembaruan atau notifikasi pada aplikasi lebih cepat. Namun, fitur ini juga membuat pemakaian internet membengkak karena sifatnya yang mengecek pembaruan secara berkala.
Kamu bisa mematikan fitur ini secara menyeluruh untuk semua aplikasi atau mengaktifkannya untuk aplikasi yang penting saja. Cara melakukannya cukup masuk ke Settings > General > Background App Refresh.

4. Matikan Automatic Download iTunes & App Store

Cellular Data 4
Apple memberikan fitur download otomatis di perangakat iOS supaya memudahkan kamu mendapatkan pembaruan Music, App, dan hal lainnya. Kamu bisa mematikan fitur ini sehingga bisa menghemat pemakaian internet, terutama saat berada di mode Cellular Data.
Untuk membatasi layanan apa saja yang bisa menggunakan fitur download otomatis, geser knop yang ada di kolom Automatics Download dan apabila ingin menon-aktifkan data seluler untuk layanan tersebut, lihat ke bagian paling bawah dan geser knop di baris Use Cellular Data.

5. Jangan Streaming atau Download

Streaming video atau download aplikasi melalui paket data seluler bisa membuat kuotamu cepat habis. Lebih baik tahan diri untuk tidak streaming dan download ketika tidak berada di dalam koneksi WiFi. Sederhana.


sumber: makemac

Tidak ada komentar