Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Download gratis Internet Explorer 8

Setelah melalui tahap uji coba dengan diluncurkannya versi Release Candidate dari Internet Explorer 8 beberapa waktu yang lalu, akhirnya M...

Setelah melalui tahap uji coba dengan diluncurkannya versi Release Candidate dari Internet Explorer 8 beberapa waktu yang lalu, akhirnya Microsoft menyelesaikan versi final dari browser andalannya tersebut. Internet Explorer 8 final version secara resmi oleh Microsoft pada hari Kamis (18/03) yang lalu telah diluncurkan ke publik.

Microsoft sendiri tidak main-main dengan pernyataan tersebut, mengingat selain menambahkan aspek kecepatan, Microsoft juga menambahkan feature ‘Domain Highlighting’ yang secara otomatis akan menyorot nama top level domain halaman situs yang kita akses. Selain itu SmartScreen Filter juga akan mendukung keamanan user dengan cara memberikan peringatan otomatis pada saat user mengakses halaman-halaman situs yang dianggap berbahaya oleh Microsoft.

Dari versi Release Candidate yang ditawarkan Microsoft dalam Internet Explorer ini, setidaknya kita bisa mengetahui ada 3 feature unggulan yang ditawarkan dalam browser ini, yaitu Webslices, Accelerator, dan Visual Search.

Webslice sebagai salah satu feature unggulan dalam Internet Explorer akan memberikan kemudahan bagi user dalam hal akses informasi website. Tidak dapat dipungkiri, dalam aktivitas browsing yang kita lakukan setiap hari, sebenarnya kita hanya membutuhkan beberapa bagian informasi saja dari setiap situs yang kita kunjungi. Kecenderungan inilah yang difasilitasi oleh Microsoft dalam Internet Explorer 8 ini. Kita dapat mengumpulkan dan mengikuti bagian dari informasi-informasi penting yang ingin kita ikuti perkembangannya dari berbagai situs yang sering kita kunjungi, hanya dengan cara click tombol ‘Webslices’. Setelah menerapkan ‘Webslices’ pada bagian tersebut, maka browser secara otomatis akan menampilkannya pada ‘Favourite Bar’. Namun feature ini mungkin belum sepenuhnya dapat kita terapkan untuk website-website dalam negeri, karena untuk dapat memakai feature ini, dari sisi teknologi web development situs yang bersangkutan harus sudah dipastikan kompatibilitasnya terlebih dahulu.

Selain webslice, dua feature penting lainnya adalah Accelerator dan Visual Search. Accelerator berguna untuk mendapatkan informasi cepat dari setiap kata yang kita pilih (highlited) pada saat kita membaca sebuah artikel tanpa kita harus berpindah halaman browser. Tentunya proses ini akan mempercepat proses pembacaan kita terhadap sebuah artikel atau berita, tanpa kita harus mencari kembali secara manual kata-kata yang ingin kita pahami artinya dalam sebuah pemberitaan, dengan cara meng-copy dan mencari artinya melalui halaman lain dari browser. Dengan Accelerator ini, user akan dapat dengan mudah menemukan berbagai opsi definisi mengenai sebuah kata. Ada beberapa opsi keterangan yang dapat kita pilih dalam Accelerator ini, antara lain ‘Blog with Windows Live’, ‘Email with Windows Live’, ‘Map with Live Search’, ‘Search with Google’ hingga ‘Translate with Live Search’.

Sedangkan Visual Search merupakan feature pencarian bergambar, yang diharapkan akan lebih memperkaya hasil pencarian yang diberikan sehingga dapat lebih memuaskan user dari sisi content maupun visual. Konsep Visual Search ini sendiri sebenarnya berangkat dari kenyataan bahwa aspek visual manusia memegang peranan penting dalam pemahamannya akan suatu hal. Dengan menampilkan tidak hanya content, namun juga gambar-gambar yang mendeskripsikannya, diharapkan akan semakin meningkatkan kepuasan user dalam mendapatkan hasil dari pencarian yang dilakukannya.

(Dari berbagai sumber)
Internet Explorer 8

1 komentar