Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Cara Instal Windows XP dengan FD (Usb Flash Disk )

Menginstal Windos XP di perangkat komputer/Laptop baru-baru ini yang tidak di lengkapi dengan perangkat keras CD/DVD RW.Salah satu metode ya...

Menginstal Windos XP di perangkat komputer/Laptop baru-baru ini yang tidak di lengkapi dengan perangkat keras CD/DVD RW.Salah satu metode yang biasa dipakai antara lain memanfaatkan DVDROM external berbasis USB atau langsung memakai USB Flashdisk sebagai media installernya. nah berikut tata cara atau Tutorialnya tentang bagaimana memperiapkan perangkat usb flash disk sebagai instalasinya di windows XP.
File-file yang anda butuhkan bisa di download di situs di bawah ini
Langkah-langkah Pembuatan:
1. Ekstrak file sesuai keinginan Anda dengan menggunakan WinZip atau WinRar (Lebih baik buat Folder baru).
2. Tancapkan USB flash disk ke salah satu port USB. Ingat-ingat posisi drive-nya. Apakah F:, G:, H:, dan sebagainya.
Dalam hal ini flashdisk saya drivenya H:
3. Masukkan CD instalasi Windows XP ke optical drive. Jika komputer menjalankan proses instalasi secara otomatis, batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang tengah berjalan.
4. Selanjutnya, buka folder di mana Anda mengekstrak aplikasi modul pembuat instalasi.
5. Jalankan file bernama “usb_prep8.bat” maka di layar monitor akan tampak jendela Command Prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue,” tekan sembarang tombol untuk konfirmasi
6. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta Anda memformat USB flash disk Anda. Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan Anda.
7. Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika Anda menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5.
8. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana Anda menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan Anda jika Anda telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.
9. Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana Anda mencolok flash disk. Kalau flash disk Anda berada di drive G:, maka ketik G dan tekan ENTER. Jika drive H: maka ketik H dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.
10. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasiyang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain. dalam proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, proses pembuatan modul instalasi / pengcopyan file ke flash disk kamu ( mungkin lebih dari 15 menit ) yang sabar aja, setelah selesai sekarang kamu sudah memiliki flash disk yang bootable dan mampu menginstall windows secara langsung.
Selesai!  Kini flash disk Anda telah siap digunakan untuk instalasi Windows XP! Silahkan melakukan setting pada BIOS Anda, dan pilih Removeable Disk (atau apa pun nama lainnya) sebagai media pertama yang dijalankan saat booting.
Saat Booting akan Muncul 2 Opsi penginstallan, pilihlah opsi yang kedua dan proses penginstalan windows akan mulai berjalan. Setelah restart masuk ke Bootable FD lagi dan dilanjutkan ke opsi yang pertama
Untuk yang menggunakan sistem RAID, coba pakai Nlite,

sumber: bosgentongs

4 komentar