Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Tips, Trick Dan Cara Upgrade atau Restore Iphone, Ipod , Ipad ke IOS 5

iOS 5 baru saja dirilis oleh Apple, apakah Anda sudah  upgrade iOS 5 ? Jika Anda masih menimbang-nimbang untung ruginya  upgrade iOS 5  mak...


iOS 5 baru saja dirilis oleh Apple, apakah Anda sudah upgrade iOS 5? Jika Anda masih menimbang-nimbang untung ruginya upgrade iOS 5 maka mungkin artikel ini cocok untuk Anda baca. Artikel yang saya tulis ini akan menjelaskan cara-cara untuk melakukan upgrade iOS 5 dan juga beberapa keuntungan yang akan Anda dapat jika menggunakan iOS keluaran terbaru dari Apple tersebut. Peluncuran iOS 5 ini tepat dua hari sebelum iPhone 4S resmi dilepas ke pasaran Amerika. Memang sudah menjadi kebiasaan Apple untuk merilis iOS terbaru sebelum meluncurkan generasi iPhone selanjutnya. Lihat saja tahun lalu ketika iOS 4 dirilis hanya selang beberapa saat dengan peluncuran iPhone 4 yang disambut secara gegap gempita. Peluncuran iPhone 4S ini sendiri sepertinya akan memecahkan rekor yang dipegang iPhone 4. Salah satunya adalah rekor “pre-order” yang menghitung jumlah orang yang memesan produk sebelum produk itu resmi diluncurkan, sepertinya sama dengan kata “inden” jika di Indonesia. iPhone 4S mencatat bahwa kuota “pre-order” yang disediakan di semua distributor resminya telah terpenuhi. Wah kok jadi membahas iPhone 4S? Ok, untuk Anda yang penasaran bagaimana cara upgrade iOS 5 simak saja artikel ini langsung.

Langkah-langkah Upgrade iOS 5

Sebelumnya perlu saya jelaskan terlebih dahulu bahwa untuk melakukan upgrade iOS 5 Anda dapat melakukannya dengan dua cara. Cara pertama adalah melalui Over The Air (OTA) yang artinya Anda melakukan upgrade melalui iPhone yang terkoneksi dengan internet secara langsung. Ada sedikit sisi negatif yang perlu Anda ketahui jika memilih untuk melakukan cara upgrade ini. File iOS baru biasanya memiliki ukuran lebih dari 600 Mb. Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil untuk memastikan bahwa file sebesar itu dapat diunduh tanpa terputus di tengah jalan. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengunduh terlebih dahulu file iOS baru tersebut dan melakukan upgrade iOS secara offline.

Langkah-langkah upgrade iOS 5 yang saya jelaskan disini mengasumsikan bahwa Anda menggunakan cara kedua dalam melakukan upgrade dan file iOS 5 tersebut telah Anda unduh seutuhnya.
  1. Jalankan iTunes dan hubungkan iPhone Anda. Pastikan Anda terhubung ke internet melalui Wi-Fi atau modem karena upgrade iOS memerlukan verifikasi ke iTunes. Pilih iPhone Anda sehingga muncul tombol “Restore”. Sambil menahan tombol Shift pada keyboard, klik kiri tombol “Restore” tersebut. Nanti akan muncul file explorer dimana Anda dapat memilih file iOS 5 yang sudah Anda unduh sebelumnya. Pilih file iOS 5-nya dan tekan “Open”. Tunggu beberapa menit karena proses upgrade iOS 5 membutuhkan kira-kira 5-10 menit untuk selesai.112 320x240 1 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  2. Jika proses upgrade telah selesai maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah. Tekan “Continue”.
    90 240x320 2 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  3. Pada layar berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan Apple ID. Bagi Anda yang sudah memiliki Apple ID maka lanjutkan dengan menekan “Sign In With Apple ID”, jika belum maka Anda dapat membuat akun baru dengan menekan “Create A Free Apple ID”. Saya asumsikan disini bahwa para pembaca telah memiliki akun Apple sendiri (di awal pembelian iPhone untuk proses aktivasi akun Apple ID ini juga diperlukan).
    91 240x320 3 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  4. Masukkan Username dan Password akun Apple ID Anda.
    92 240x320 4 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  5. Tunggu beberapa saat.
    93 240x320 5 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  6. Pada layar akan muncul “Terms and Conditions”. Tekan “Agree” untuk melanjutkan.
    94 240x320 6 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  7. Pada layar pop-up tekan “Agree”.
    95 240x320 7 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  8. Anda akan diminta untuk sabar menunggu beberapa saat untuk menyiapkan beberapa hal yang dibutuhkan untuk akun iCloud Anda.
    96 240x320 8 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  9. Pada layar selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih apakah akan menggunakan fitur iCloud atau tidak. Jika Anda telah mengerti tentang layanan iCloud tersebut maka Anda dapat menekan “Use iCloud”, namun jika belum merasa perlu untuk menggunakan fitur ini maka pilihlah “Don’t Use iCloud”. Disini saya memilih untuk tidak menggunakan iCloud. Jangan khawatir konfigurasi fasilitas iCloud dapat diubah kapan saja melalui menu Settings > iCloud.
    97 240x320 9 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  10. Pada layar berikutnya Anda akan ditanya apakah akan menggunakan iCloud sebagai backup dari iPhone Anda atau tidak. Bagi Anda yang ingin menyimpan backup Anda di “awang-awang” maka pilihlah “Back Up to iCloud”. Hal ini butuh pemahaman dari Anda bahwa jika opsi tersebut Anda pilih maka setiap kali melakukan backup Anda harus memastikan bahwa iPhone Anda terkoneksi ke internet via Wi-Fi. Saya rasa untuk backup iPhone lebih aman jika dilakukan pada komputer Anda sendiri. Lain cerita jika Anda orangnya suka berpindah-pindah atau mobile sehingga butuh satu tempat penyimpanan yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja maka iCloud adalah jawaban untuk Anda. Untuk saat ini saya memilih “Back Up to My Computer”.
    98 240x320 10 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  11. Fitur “Find My iPhone” sangat penting jika suatu saat Anda kehilangan iPhone tersebut dan ingin melacak keberadaannya. Jadi tinggal gunakan fitur ini Anda dapat menemukan lokasi iPhone Anda yang hilang dan juga dapat me-lock iPhone Anda dari jauh agar tidak dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pilih “Use Find My iPhone”.
    99 240x320 11 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  12. “Diagnostics” mencatat hal-hal seperti penggunaan memori dan diagnosa dari iPhone Anda ke Apple sehingga mereka dapat meningkatkan pelayanannya. Untuk ini saya menyerahkan kepada Anda apakah Anda mengijinkan data-data tersebut diunggah secara berkala ke situs Apple. Saya sendiri memilih “Don’t Send”.
    100 240x320 12 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  13. Setting iOS 5 telah selesai dan Anda dapat menggunakan iPhone kesayangan Anda dengan iOS terbaru dari Apple.
    105 240x320 13 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5

Catatan Upgrade iOS 5

Setelah Anda melakukan upgrade iOS 5 maka ada beberapa fitur tambahan yang dapat perlu Anda ketahui. Fitur-fitur tersebut antara lain:
  1. Penambahan iCloud pada Settings. Disini Anda dapat menentukan sendiri data apa saja yang Anda ingin simpan pada akun iCloud Anda.
    106 240x320 14 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
    108 240x320 16 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
    109 240x320 17 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  2. Akun Twitter yang telah terintegrasi langsung dengan iPhone Anda. Akses fitur ini melalui Settings > Twitter.
    110 240x320 18 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  3. Notifications Center yang dapat diakses dengan menarik layar sebelah atas iPhone Anda ke bawah. Disini Anda dapat melihat pesan yang baru masuk, pengingat, ramalan cuaca, saham dan lain sebagainya pada satu tempat yang sama.
    107 240x320 15 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  4. Hidupkan kamera iPhone ataupun pemutar musik iPod dalam keadaan iPhone terkunci. Tekan dua kali tombol “Home” secara berurutan untuk mengakses fitur ini.
    111 240x320 19 Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  5. Fitur iMessage yang dikatakan sebagai BBM killer karena memungkinkan sesama pengguna iPhone, iPad ataupun iPod yang memiliki koneksi internet untuk bertukar kirim pesan. Mengenai iMessage akan saya kupas lebih lanjut pada artikel berikutnya.
Ok, bagi Anda yang masih ragu apakah perlu untuk upgrade iOS 5 maka saya anjurkan agar Anda segera melakukannya sebab dari apa yang telah saya lihat iOS ini lebih komplit dalam fitur serta membuat iPhone Anda menjadi lebih hebat.

sumber: seputariphone

2 komentar